Seiring dengan berjalnnya waktu, teknologi semakin berkembang, termasuk juga teknologi dalam komunikasi dan informasi. Pada zaman dahulu, seseorang yang ingin memberitahukan kabarnya kepada temannya harus menggunkan surat sebagai media komunikasinya, tetapi seiring dengan pesatnya teknologi, maka banyak penemuan-penemuan baru yang diciptakan untuk melakukan komunikasi dengan sangat cepat dan mudah, yaitu dengan menggunakan telepon, handphone, dan yang sekarang sedang banyak dibicarakan adalah internet. Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya masyarakat mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui jaringan ini.
Internet merupakan salah satu media massa yang sangat canggih dan kita bisa menggunakan dan mengakses internet kapan dan di mana saja. Dan pada saat ini masyarakat diwajibkan untuk mengenal internet dan cara menggunaknnya. Meskipun untuk saat ini belum semua kalangan masyarakat mengenal internet, karena biaya akses internet yang cukup mahal.
Media komunikasi banyak jumlahnya, mulai dari yang tradisional sampai yang modern yang dewasa ini banyak dipergunakan, selain media elektronik dan media cetak, terdapat media konvergensi yaitu internet. Maraknya dunia internet ditengah masyarakat membuat kecanggihan tekhnologi ini semakin digandrungi.
Begitupun dengan Facebook atau lebih popular dengan sebutan FB, adalah salah satu situs pertemanan yang ada di dunia maya (internet), yang tidak hanya menyediakan sarana pertemanan namun juga menyediakan informasi-informasi, serta layanan chatting atau instant messenger.
Demam Facebook adalah kelanjutan dari keberhasilan situs komunitas Friendster yang berhasil menjaring 12 juta “registered users” atau sekitar 60% pengguna internet di Indonesia Bahkan banyak pengguna Friendster yang melakukan migrasi ke Facebook karena layanan yang diberikan lebih lengkap dan mengikuti selera masyarakat. Facebook memiliki sederet fitur yang memungkinkan penggunanya berinteraksi langsung (real time), seperti chatting, tag foto, blog, game, dan update status ”what are you doing now” yang dinilai lebih keren dari Friendster.
Tentu ini menjadi peluang bisnis yang potensial bagi penawaran barang dan jasa. Pelanggan iklanpun berdatangan dan semakin ramai seiring meningkatnya popularitas Facebook.
Ketika ruang interaksi virtual ala Facebook mendominasi keseharian masyarakat, tentu saja waktu untuk berkumpul secara nyata ikut berkurang. Perlahan sisi humanis memudar karena perhubungan di Facebook lebih mengedepankan imajinasi dan visualisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar